Pengalaman mengikuti kompetisi PPATK April 2020


Kategori: Universitas IBA

 

Pengalaman mengikuti kompetisi PPATK April 2020.

M Rizqi Hengki (17100006) – Fakultas Hukum UIBA

 

Pada tanggal 27 Maret 2020, saya mendapatkan informasi melalui website PPATK,  bahwasannya akan diadakan kompetisi debat anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme antar perguruan tinggi se Indonesia Piala Kepala PPATK Tahun 2020, dengan persyaratan awal harus membuat sebuah karya tulis ilmiah (KTI) bertopik “Penerapan Non-Conviction Based dalam Praktik Asset Recovery TPPU di Indonesia”.

Kecewa awalnya, karena saya baru mendapatkan informasinya satu hari sebelum batas waktu penyerahan berkas KTI yaitu tanggal 28 Maret 2020. Apakah mungkin saya bisa mempersiapkan semuanya dengan waktu sedemikian singkat?

Akan tetapi, saya mencoba mencari informasi terbaru dengan harapan mungkin saja pengumpulan berkas KTI nya diundur hehehe. Dan benar, melalui website PPATK, pendaftaran dan pengiriman KTI diperpanjang hingga 13 April 2020.

Langsung saja saya mencari pedoman  penyelenggaraan lomba dan kemudian mencatat poin-poin penting yang harus saya dan tim saya persiapkan. Setelah itu tanggal 30 Maret 2020, saya berkonsultasi dengan Bapak H. Syaroji Karta, S.H., M.H., dosen mata kuliah hukum pencucian uang, yang kemudian menjadi dosen pembimbing kami selama mengikuti kompetisi ini.  Dari beliau, saya mendapatkan literatur atau referensi buku-buku yang berkaitan dengan topik KTI tersebut. Bersama rekan-rekan tim, Rizka Anugrah Nur dan Yuli Istiani, kami mempelajari materi-materi tersebut dan membuat resume poin-poin pentingnya.

Disertai dukungan surat kelengkapan dari Rektor Universitas IBA, pada tanggal 13 April 2020, kami berhasil mengirim seluruh dokumen KTI.

Alhamdullilah pada tanggal 18 April 2020, melalui akun instagram @ppatk_indonesia pada pukul 00:30 WIB, disebutkan Universitas IBA berhasil menjadi Juara 2 dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional APU-PPT PPATK Tahun 2020.

 

KTI kami bisa dilihat pada http://repo.iba.ac.id/index.php?p=show_detail&id=960

tags:
Ruli Joko PurwantoRuli Joko PurwantoShared publicly - 23/04/2020 06:09