SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS IBA

MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1441 H

 DR. Ir. Karlin Agustina, M.Si

 

Bismillahir Rahmanir Rahim.

 Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur kehadirat Allah Subhannahu wata’ala karena atas rahmat dan karunia-Nya sebentar lagi kita akan segera memasuki  bulan yang penuh berkah yaitu bulan suci Ramadhan 1441 H.  Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan  yang suci yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah SWT. Untuk itu marilah kita sambut bulan Ramadhan ini dengan hati yang ikhlas, dan rasa riang gembira.  Jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan untuk berbuat amal kebajikan untuk bekal hidup di akhirat kelak.  Bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat pula untuk kita semua meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan, menimbulkan rasa cinta kepada Allah serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesama manusia.

Saat ini kesabaran kita sebagai umat manusia sedang diuji dengan mewabahnya virus Covid-19. Dalam menghadapi wabah ini marilah kita semua dapat lebih bersabar, tidak panik dan selalu berdoa kepada yang maha kuasa agar kita semua dijauhkan dari wabah ini serta dari segala kesulitan yang timbul akibat mewabahnya virus Covid-19.

Saya juga menghimbau kepada seluruh Civitas Akademika Universitas IBA agar  selalu menjaga kesehatan dan menghindari tempat-tempat yang kemungkinan menjadi tempat penyebaran virus tersebut ataupun virus  lainnya dengan melakukan pencegahan dini seperti menggunakan masker jika sedang berada di luar rumah, istirahat yang cukup dan selalu mencuci tangan setelah mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti bandara, terminal bus, pasar, mall, supermarket dan lain sebagainya. Hindari memegang benda-benda atau bagian-bagian dari bangunan yang biasa dipegang oleh banyak orang seperti eskalator, handrailing pada tangga atau pagar pembatas dan lain sebagainya karena diketahui penyebaran virus Covid-19 dapat terjadi tanpa adanya kontak langsung dengan yang telah terjangkit sebelumnya, tetapi juga dapat melalui benda-benda yang pernah dipegang oleh yang bersangkutan. Sebaiknya segera mencuci tangan jika telah memegang bagian-bagian tersebut dengan cairan antiseptic pembersih.

Pandemi covid-19 ini juga telah memberi dampak besar pada seluruh bagian masyarakat, terutama terhadap perekonomian. Untuk itu saya juga menghimbau agar kita semua dapat menyisihkan sebagian rezeki kita untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Marilah kita sambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya lahir dan bathin, dengan niat yang tulus, penuh rasa syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai agar menjadi momentum yang berkesan dalam membersihkan hati dan pikiran kita serta dapat mengaktualisasikan hakekat makna berpuasa dalam kehidupan sehari-hari

Semoga ibadah di bulan suci Ramadhan ini akan membawa berkah dan kebahagiaan serta pahala yang berlimpah bagi kita semua. Aamiin.

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1441H.

Wassalamu‘alaikum Wr. Wb.

 

REKTOR UNIVERSITAS IBA,

 

Dr.Ir. Karlin Agustina, M.Si